Pengertian Seni Batik dan Perkembangan Batik di Indonesia


Modelbatikterbaru.com – Pengertian seni batik merupakan sebuah cara membuat desain corak atau gambar pada kain yang menggunakan metode tutup dan celup dengan malam atau lilin serta zat pewarna. Kata batik sendiri berasal dari sebuah istilah dalam bahasa Jawa, rambataning titik. Makna kata ini adalah rangkaian titik-titik atau garis yang kemudian membentuk pola-pola tertentu.

Pengertian seni batik juga bisa diartikan sebagai suatu karya seni kriya yang menggunakan media berbentuk datar. Media ini pada umumnya berupa kain. Tetapi dalam perkembangannya batik dapat diaplikasikan pada kayu atau benda lain sebagai medianya. Sedangkan alat utama yang digunakan untuk membuat batik adalah canting, yaitu alat untuk meletakan malam pada kain agar bisa terbentuk pola-pola atau coraknya.

Pengertian Seni Batik dan Perkembangan Batik di Indonesia

Memahami Pengertian Seni batik

Memahami Pengertian Seni batik

Seni pembuatan batik merupakan budaya yang telah berkembang di Indonesia sejak ratusan tahun yang lalu. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya relief pada bangunan candi yang ada di berbagai daerah tanah air. Sebagian dari relief tersebut menggambarkan kegiatan membuat batik pada lembaran kain.

Kegiatan Membatik pada Relief Candi

Kegiatan Membatik pada Relief Candi

Seni Batik pada Zaman Dulu

Pada zaman dulu, pengertian seni batik hanya dapat dimengerti kalangan terbatas, terutama kaum bangsawan yang tinggal dalam istana sehingga sering disebut budaya ageng. Hasil dari seni ini berbentuk kain dan busana untuk raja dan anggota keluarga beserta para pengikutnya. Motif dan corak yang berkembang pada era tersebut masih sangat terbatas dan sering dipakai dalam penyelenggaraan upacara adat.

Seni Batik Zaman Dulu

Seni Batik Zaman Dulu

Aktivitas Membatik Zaman Dulu

Aktivitas Membatik Zaman Dulu

Perkembangan Seni Batik di Masa Lalu

Beberapa ratus tahun kemudian corak, motif serta busana batik mengalami banyak perubahan sekaligus perkembangan yang sangat pesat. Pembuatannya tidak hanya dilakukan oleh kaum bangsawan dalam istana saja, tetapi telah merambah ke masyarakat umum. Warga biasa dapat membuat dan memakai pakaian batik. Namun ada motif-motif tertentu yang tetap hanya bisa dipakai oleh raja dan bangsawan.

Cara Membuat Batik di Masa Lalu

Cara Membuat Batik di Masa Lalu

Perkembangan Seni Batik Masa Lalu

Perkembangan Seni Batik Masa Lalu

Perkembangan Seni Batik di Masa Kini

Di masa sekarang, pengertian seni batik sudah mengalami pergeseran lagi namun dalam arti yang positif. Motif batik dan coraknya semakin beragam dan jumlah variasinya bertambah banyak. Dan yang lebih penting lagi, seni ini telah menjadi komuditas industri terutama industri kecil dan menengah. Banyak masyarakat yang menggeluti batik sebagai ladang bisnis serta sumber penghasilan keluarga.

Perkembangan Batik Masa Kini

Perkembangan Batik Masa Kini

Proses Membatik Masa Kini

Proses Membatik Masa Kini

Batik Tulis dan Batik Cap

Dalam perkembangan berikutnya, seni pembuatan batik makin bertambah maju. Saat ini tidak hanya batik tulis saja yang dibuat, tapi ada jenis batik lain yang pembikinannya memakai cap. Prosesnya lebih cepat dibanding batik tulis. Hanya saja batik tulis tetap dianggap sebagai seni yang nilainya lebih tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa secara garis besar, macam-macam batik itu ada dua, yakni batik tulis dan batik cap.

Proses Pembuatan Batik Tulis

Proses Pembuatan Batik Tulis

Proses Pembuatan Batik Cap

Proses Pembuatan Batik Cap

Selain kedua jenis tersebut, ada kain batik yang diproses secara printing sehingga lebih sering disebut batik printing. Metode pembuatannya memakai teknologi masa kini dan nilai seninya jadi makin berkurang. Meskipun demikian banyak batik printing yang motifnya tetap menarik dan punya nilai jual tinggi. Demikianlah ulasan seputar pengertian seni batik beserta sejarah perkembanganya.


Pengertian Seni Batik dan Perkembangan Batik di Indonesia | admin | 4.5